Suka Duka Menjadi Seorang Programmer


Halo... malem ini ane mau nulis ni tentang suka dukanya jadi seorang Programmer, tapi sebelum itu gak ada salahnya kalo ane bahas dulu apa si sebenernya Programmer itu. Ane pake bahasa ane sendiri buat jelasin apa itu Programmer, jadi Programmer adalah seorang yang bertindak atau melakukan translate dari kebutuhan user ke dalam sebuah bentuk menggunakan bahasa mesin untuk mengatasi masalah yang dihadapi user, bentuk yang ane maksud disini ada banyak diantaranya yaitu website, mobile apps, database dll. Keren kan?



Nah, buat kalian yang pengen jadi seorang Programmer ada banyak caranya, apa aja ? cara yang paling mudah yaitu belajar, belajar juga ada banyak macemnya bisa belajar dengan cara sekolah atau belajar secara otodidak, kalo jaman sekarang mah kayaknya sekolah atau kuliah buat jadi Programmer itu cuma jadi pendukung aja, bukan berarti ane gak nyaranin buat sekolah atau kuliah ya, tapi secara otodidak pun bisa tapi dasar teori dan dasar secara detail bisa kalian dapet dari sekolah atau kuliah itu tadi.

Itu tadi sekilasnya ya, sekarang kita bahas apa aja si kesukaan jadi seorang Programmer ?
kesukaan mutlak dari seorang Programmer adalah pemikiran yang out of the box, yaitu seorang Programmer pasti dituntut untuk bisa berfikir diluar lingkungannya atau lebih ke mengantisipasi apa saja kemungkinan - kemungkinan yang akan muncul. Kesukaan lainnya yaitu kita jadi melek teknologi dan selalu terbuka dengan kemajuan teknologi. Kemudian menyinggung masalah finansial, seorang Programmer pasti mudah mencari rejeki, dengan cara bekerja pada sebuah instansi atau dengan cara mengerjakan project mandiri atau lebih dikenal dengan freelancer, kalo ane sendiri si nyebutnya ngumpulin receh. Apa cuma itu aja ? sebenernya si nggak, tapi ane sendiri kurang begitu paham apa aja, tapi pasti banyak sekali.

Dimana ada suka disitu pasti ada duka, sekarang kita bahas ni apa aja si dukanya jadi seorang Programmer ? kalo kalian seorang Programmer yang bekerja untuk sebuah instansi pasti kalian harus patuh dan tunduk dengan aturan yang ada, dikejar dead line, dan masih banyak lagi. Kalo kalian seorang freelancer ? ada kalanya project berhamburan, uang masuk keluar dengan cepat tapi ada kalanya juga sepi project bahkan kosong, ane sendiri juga kadang ngalamin. Selain duka diatas, masih ada lagi duka yang menurut ane juga paling berat yaitu jenuh, dengan bekerja di instansi tertentu yang menuntut kita untuk fokus ke satu bahasa, biasanya rasa jenuh akan muncul dengan cepat kira - kira 1-2 bulan pasti ngerasa jenuh banget, tapi lepas itu pasti udah bisa nikmatin. 

Dan yang terakhir ini rada bingungin antara duka atau suka ane juga gak paham, jadi seorang Programmer pasti ngerasa kurang jika cuma fokus ke satu bahasa pemrograman, nah didunia kerja pun sama satu instansi dan yang lain pasti memiliki standar penguasaan bahasa yang berbeda - beda sehingga kita sebagai seorang Programmer harus banyak belajar dan paling tidak mengerti konsep dari beberapa bahasa sesuai kebutuhan. 

Nah itu tadi suka dan dukanya menjadi seorang Programmer, itu si sebenernya yang ane rasain sendiri, tapi tidak menutup kemungkinan banyak yang ngerasain hal serupa, nah untuk kalian yang sedang mencari jati diri kalian bisa baca dan pahami artikel ane ini buat bahan pertimbangan ketikan kalian milih untuk jadi seorang Programmer. Saran pribadi dari ane ya, jadi Programmer kalo mau maju jangan berpatok kerja di suatu instansi, tapi kalian bisa nyambi nyari side job atau freelance yang bisa ngasah kemampuan, sehingga kemampuan kalian gak mbosenin atau malah jadi tumpul. So, itulah suka duka menjadi seorang Programmer semoga jadi bahan pertimbangan buat kalian dan jadi bermanfaat. Sekian.

0 Response to "Suka Duka Menjadi Seorang Programmer"

Post a Comment