Bagaimana Cara Menggunakan Dropbox, OneDrive, Google Drive atau iCloud dengan Tepat dan Aman


Pada era teknologi saat ini perusahaan seperti Google, Micrososft, Apple dan Dropbox menawarkan sebuah tempat penyimpanan secara online. Dimana pengguna bisa menyimpan atau backup file penting. Dengan adanya Cloud/ penyimpanan secara online tentunya sangat bagus, dikarenakan pada jaman sekarang segala sesuatu yang praktis sangat diperlukan, terlebih bagi pengguna yang memiliki banyak device. Pada kesempatan kali ini ane ngasih tau cara memaksimalkan penyimpanan di Cloud.

1. Pilihlah penyedia Cloud yang tepat
Berbagai macam penyedia layanan Cloud semakain bermacam juga fitur yang ditawarkan dan juga kapasitasnya. Sebelum menggunakan cloud, ada baiknya mempetimbangkan aspek seperti device, kapasitas, dan fitur apa saja yang didapat.

2. Jangan mudah peracaya dengan yang gratis
Sebagaimana kita ketahui, bahwa penyedia layanan Cloud memberikan free Storage untuk setiap usernya, adapun jumlahnya tergatung dari penyedia Cloud. Sayangnya Cloud yang disediakan secara gratis ini tidak terdapat jaminan apakah file yang kita simpan benar-benar aman. Jadi sebelum menggunakan layanan Cloud ada baiknya di ceramti terlebih dahulu, jangan mendengar kata gratis langsung percaya ya.

3. Tingkatkan keamanan pada Handphone
Jika kamu menggunakan layanan Cloud dan sering memindahkan file dari komputer ke handphone, maka ada baiknya lindungi handphonemu dengan PIN atau password.

4. Jangan asal-asalan menyimpan file
Kerap kali pengguna Cloud tidak mencermati apa yang aman di simpan maupun yang tidak. Karena di internet tidak ada jaminan file kita benar-benar aman, maka dari itu pastikan terlebih dahulu file yang ingin kamu simpan di cloud. Jika kamu memang terpaksa menyimpan file yang bersifat pribadi ke Cloud, ada baiknya file tersebut dienkripsi terlebih dahulu.

5. Aktifkan 2 langkah verifikasi
Biasanya kita akan diminta login atau daftar saat menggunakan layanan Cloud. Maka dari itu ada baiknya untuk membuat verifikasi kedua seperti mengirimkan kode ke nomor handphone kamu atau email, untuk menghindari akunmu dari pembajakan.

Nah, sekian tips pada postingan kali ini tentang Bagaimana Cara Menggunakan Dropbox, OneDrive, Google Drive atau iCloud dengan Tepat dan Aman, semoga bisa membrikan manfaat. Pesan ane selalu berhati-hati di internet.

0 Response to "Bagaimana Cara Menggunakan Dropbox, OneDrive, Google Drive atau iCloud dengan Tepat dan Aman"

Post a Comment