Virus Terbaru Ransomware Petya Melanda Dunia Cyber 2017


Siapa sih yang gak kesel kalo denger ada virus di komputer, laptop, atau di mana aja ? tapi mau tidak mau ya itulah dunia teknologi. Belum lama ini dunia cyber dihebohkan dengan munculnya virus baru bernama runsomware wanna cry yang mampu merasuk kedalam sistem operasi kemudian melakukan eksplorasi dan mengunci data - data yang ada didalamnya kemudian meminta tebusan sejumlah dana tertentu agar data dapat dibuka kembali. 

Belum kelar dengan masalah runsomware wanna cry, muncul baru lagi ni yang disebut dengan runsomware petya mungkin masih saudara dekat tuh sama si wanna cry. Berbeda dengan wanna cry, si petya ini dirancang untuk melakukan eksplorasi kedalam hard drive yang ada didalam komputer, kemudian melumpuhkan master boot record yang ada dalam hard drive tersebut dan memaksa komputer untuk melakukan restart, hasilnya jelas kan ? komputer tidak mau booting lagi.

Nah nanti juga ujung - ujung nya minta tebusan lagi, jadi masih saudara deket pasti itu ya. Beberapa kasus yang telah terlaporkan antara lain bank yang jauh di Ukraina sana terserang virus ini  "Kami diserang dua jam yang lalu, kami harus mematikan semua komputer agar virus tidak semakin menyebar, Kami menunggu izin dari Dinas Keamanan Ukraina (SBU) untuk mengaktifkannya kembali. " kata bapak jubir Kyivenergo Power Company.

Bapak mentri Rudiantara juga nulis gini "Cara kerja virus #ransomware #petya mirip dengan rancomware wannacry, yang menyerang skala global pada 13 mei yang lalu" ditweeternya, saat ini juga Kominfo lagi nyebarin imbauan buat masyarakat dan mengantisipasi supaya virus tak menyerang komputer.

Kalo menurut saya pribadi si ya kemputer/laptop itu dianggurin aja biar aman, kaga usah dipake dan jangan konek ke internet. Tapi kalo kalian maksa mau make komputer/laptop ya yang perlu diperhatikan yaitu

  1. Pake antivirus yang terpercaya, cari aja di google banyak iklannya
  2. Udah pake anti virus tapi jangan lupa diupdate terus ya supaya anti virusnya kenal sama si petyanya, cie cie
  3. Jangan buka situs yang aneh - aneh, karena biasanya dari sinilah awal mulanya
  4. Kalo abis make komputer/laptop, jangan lupa dimatiin ya


Nah itu tadi Virus Terbaru Ransomware Petya yang Melanda Dunia Cyber di tahun 2017, semoga bermanfaat ya.


0 Response to "Virus Terbaru Ransomware Petya Melanda Dunia Cyber 2017"

Post a Comment