Cara Jual Atau Beli Barang Aman Secara Online


Cryptotimes


Kalian suka jual atau beli barang khususnya secara online? atau kalian pengen beli barang secara online tapi takut kena tipu?, akhir - akhir ini saya sering baca posting di media sosial terutama Facebook tentang penipuan saat jual atau beli barang, nah untuk kalian yang masih ragu atau takut,  berikut saya kasih cara untuk jual atau beli barang yang aman secara online.
Jika kalian seorang penjual :

1. Mulailah dengan mengenal beberapa situs e-Commerce terpercaya

Beberapa tahun terakhir ini, Indonesia tengah menjadi sasaran untuk berkembangnya beberapa e-commerce antara lain Lazada, Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak dan masih banyak lagi, gunakanlah beberapa e-commerce tersebut untuk membuka toko, agar transaksi anda lebih terjamin, sehingga pembeli pun mau berbelanja di toko anda.

2. Carilah situs e-Commerce dengan fasilitas rekber (rekening bersama)

Poin kedua ini cukup penting, dengan adanya fasilitas rekening bersama kita tidak perlu takut jika barang sudah dikirim kita tidak dibayar karena konsep dari rekening bersama adalah ketika kita menerima order, pembeli diwajibkan membayar sejumlah harga barang kepada situs e-Commerce, lalu kita mengirim barang, setelah barang dikonfirmasi pembeli bahwa barang telah diterima, maka uang akan diteruskan kepada kita, jadi kurang aman apa lagi?

3. Pilihan jika tidak ingin menggunakan rekber (rekening bersama)

Jika kalian bukan orang yang suka dengan sistem rekber, kalian bisa melakukan penjualan dibeberapa situs marketplace atau media sosial yang masih menggunakan sistem COD (Cash On Delivery), yaitu proses berang dikirim kepada pembeli dan pembeli langsung membayar atau istilah lainnya PCB (Pantau Cocok Bayar).

4. Jadilah penjual yang jujur

Jika kalian menjual barang bekas terutama barang dengan minus, usahakan kalian memberikan keterangan jelas agar pembeli tidak kecewa atau malah merasa tertipu.

Jika kalian seorang Pembeli :

Beberapa kasus yang saya temukan, penipuan kerap terjadi pada pihak pembeli karena prinsip jual beli online purbakala adalah bayar dulu baru kirim, jadi besar kemungkinan untuk terjadi penipuan. Jadi untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk membaca beberapa cara membeli barang aman secara online berikut:

1. Usahakan membeli barang di situs e-Commerce terpercaya

Paling penting untuk pembeli adalah belilah barang di situs  e-Commerce terpecaya dengan fasilitas yang memadahi, sehingga ketika kalian tidak cocok dengan barang yang kalian beli atau tidak sesuai dengan iklan, kalian bisa mengembalikan barang tersebut dan uang kalian bisa kembali. Saran saya, gunakanlah situs e-Commerce dengan fasilitas rekber (rekening bersama) dan ada fasilitas untuk retur barang.

2. Beli barang di media sosial, marketplace, forum FJB (Forum Jual Beli)

Banyak sekali forum atau media sosial yang dijadikan tempat jual beli, jika kalian tertarik untuk membeli barang dari tempat tersebut, cobalah untuk meminta COD (Cash On Delivery), sehingga kalian bisa mengecek terlebih dahulu barang yang akan kalian beli, jika tidak sesuai dengan iklan atau kalian tidak cocok, jangan ragu untuk membatalkan transaksi. Hindari transfer dulu baru barang dikirim, hal ini akan sangat merugikan terlebih jika kalian tidak tahu informasi penjual atau akun abal - abal.

3. Jadilah pembeli yang cerdas dan cermat

Jika kalian ingin membeli barang secara online terutama barang dengan minus tertentu, jadilah pembeli yang cerdas, 
  • permata, bandingkan terlebih dahulu barang dan harganya apakah sesuai?
  • kedua, cek dengan teliti dan cermat barang yang akan kalian beli
  • ketiga, jangan mudah percaya karena akhr - akhir ini percaya itu mahal harganya
  • keempat, hindari membeli barang diluar lokasi kalian, agar kalian bisa melihat secara langsung barang yang akan kalian beli dan yang paling penting adalah mintalah garansi jika perlu
  • kelima, simpan semua informasi transaksi kalian, baik informasi terkait si penjual seperti alamat domisili, nomor telepon (usahakan lebih dari satu), dan plat nomor kendaraan, sehingga ketika terjadi penipuan kalian bisa dengan mudah menemukan si penjual.
Nah, itulah cara jual beli barang aman secara online, usahakan untuk memahami sesuai dengan posisi kalian sehingga kalian bisa terhindar dari modus penipuan yang kerap terjadi. Semoga bermanfaat ya.

0 Response to "Cara Jual Atau Beli Barang Aman Secara Online"

Post a Comment