Cara Membuat Library PHP Certainty Factor Untuk Mendiagnosa Penyakit

Halo teman - teman semua, kali ini saya akan mencoba sharing soal metode Certainty Factor, apa itu ? buat kalian para skripser khususnya dibidang IT pasti sudah pada tahu kan ? jadi ini buat flash back aja, siapa tahu ada yang belum tahu.

Certainty Factor kalo diindonesiain artinya faktor kepastian atau bisa juga diartikan tingkat keyakinan dan pengertiannya sendiri yaitu terjadinya hipotesa H akibat adanya fakta - fakta E1 s/d En, dah ya segitu aja karena disini kita gak mau ngebahas pengertiannya, tapi kita ngebahas gimana caranya biar si Certainty Factor ini bisa jadi library di bahasa pemrograman PHP.

Ok, mulai kita bahas aja ya. Dalam setiap kasus, Certainty Factor selalu disertai dengan nilai MB dan nilai MD, hasil dari perhitungan dari setiap nilainya kemudian menghasilkan nilai CF. Nilai - nilai tersebut berasal dari pakar atau seseorang dengan kemampuan dewa dibidangnya dan user atau pasien dengan mengajukan beberapa pertanyaan menyangkut gejala, dari sini kalian harusnya sudah punya bayangan untuk data yang harus kalian miliki terlebih dahulu, yaitu data dari gejala kemudian nilai MB dan MD dari gejala yang ada sehingga nantinya dengan menggunakan library yang akan kita buat, nilai MB dan MD bisa dihitung dan menghasilkan nilai CF kemudian menentukan penyakit dan memberikan solusi untuk masing - masing penyakit.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan untuk membuat library PHP Certainty Factor yaitu :
Siapkan sebuah file baru di htdocs kalian, disini saya berikan contoh, nama file baru Cari_cf.php, kemudian didalam file tersebut kita isi dengan perintah berikut
<?php

class Cari_cf {

    function hitung($array_mb, $array_md) {
      $cari = new Cari_cf();
      $hasil_mb = $cari->convert_cf($array_mb);
      $hasil_md = $cari->convert_cf($array_md);

      $result = ($hasil_mb - $hasil_md) * 100; //covert ke persen
      return $result;
    }

    function convert_cf($g) {
      $cari = new Cari_cf();
        if(count($g) <= 1)
      return $g[0];

     $cfIJ = null;
     $n = count($g);
       for($i = 0; $i < $n - 1; $i++) {
        $j = $i + 1;
          if($cfIJ == null)
           $cfIJ = $g[$i];

          $cfIJ = $cari->hitung_mb_md($cfIJ, $g[$j]);
       }
     return $cfIJ;
    }

    function hitung_mb_md($x, $y) {
      $hasil = $x + $y * (1 - $x);
      return $hasil;
    }
}
?>



Nah, dari perintah diatas, kita bisa lihat data dari nilai MB dan MD yang sudah kalian miliki, diubah menjadi array terlebih dahulu, kemudan di kirim ke fungsi hitung yang ada didalam class Cari_cf. Di dalam fungsi hitung, array MB dan MD diproses lagi dengan fungsi convert_cf, dan diproses lagi dengan fungsi hitung_mb_md yang hasilnya adalah persentase dari perhitungan array MB dan MD atau disebut dengan nilai CF. Library diatas mencoba menghitung array MB dan MD kemudian mengambil nilai dari hasil perhitungan terakhir dan mengubah hasil tersebut kedalam persen. Bagaimana ? sudah paham kan, kalau sudah paham, sekarang saya akan memberikan contoh penggunaan dari library diatas.

Cara menggunakan library diatas adalah sebagai berikut :

<?php
  require_once './Cari_cf.php'; // tambahkan file Cari_cf.php
  $array_mb = array('0.4','0.2','0.5'); // nilai mb
  $array_md = array('0.2','0.1','0.3'); // nilai md

  $cari  = new Cari_cf(); // nama class dari file Cari_cf.php
  $hasil = $cari->hitung($array_mb, $array_md); // menghitung nilai CF dengan fungsi hitung
  print_r($hasil); // munculkan hasil
?>


* Simpan perintah diatas kedalam index.php atau apa saja terserah kalian.

Dengan perintah diatas didapatkan nilai CF atau nilai persentase keyakinan sebesar 26.4% kemudian dari nilai tersebutlah kita bisa mencari jenis penyakit dan solusi untuk penyakit yang dialami oleh pasien.
Jadi alur dari aplikasi website harus kalian buat seperti ini :
  1. Pasien mengisi data diri
  2. Pasien memilih lebih dari satu list gejala yang kalian sediakan
  3. Gejala diproses dengan library Cari_cf
  4. Menghasilkan persentase nilai CF, menentukan penyakit, dan memberikan solusi
Nah kira - kira alurnya seperti diatas ya, kalian sudah paham kan? jika ada yang ingin ditanyakan, kalian bisa hubungi kontak yang tertera di halaman kontak atau kalian bisa gunakan kolom komentar ya. Sekian dulu tulisan saya mengenai  Cara Membuat Library PHP Certainty Factor Untuk Mendiagnosa Penyakit. Semoga bermanfaat ya, semoga lekas kelar skripsinya.

0 Response to "Cara Membuat Library PHP Certainty Factor Untuk Mendiagnosa Penyakit"

Post a Comment